jump to navigation

Pelumas Mulai Manjakan Motor Matic 10 Juni, 2009

Posted by proud2ride in General, Produk Baru.
trackback

Awalnya tak dilirik, namun sekarang seluruh mata memandangnya. Begitulah kini yang terjadi pada motor matic di Indonesia. Memang, awal kemunculannya banyak yang mencibir orang yang mengendarai motor ini. Konsep awalnya, motor matic ditujukan untuk kalangan perempuan sebagai menunjang aktivitasnya. Karena itu, jika kaum Adam menggunakannya, disebut tak pantas.

Itu dulu, kini, matic merangkak naik penjualannya. Bahkan, tiga tahun belakangan, penjualan motor matic mampu melonjak melebihi penjualan motor sport walau sama-sama mengalami kenaikan. Lebih dari 25% penjualan motor nasional, kini milik matic. Diperkirakan, Indonesia akan menjadi negeri matic di masa mendatang.

Beragam oli

Fenomena matic yang fantastis itu, membuka semua pihak untuk mendukung pengadaan bagi kebutuhan motor bertransmisi otomatis itu. Salah satunya produk pelumas. Karena komposisi dan model mesinnya yang berbeda, motor matic perlu menggunakan pelumas khusus. Tengok saja, dua tahun lalu, motor matic dicekoki oli macam-macam, ada yang oli biasa, ada pula yang suka mesin motornya dilumasi oli motor racing. Padahal mesin motor yang ada di ruangan lebih sempit dan berkopling kering, perlu ada pelumas tersendiri.

 

Produsen pelumas pun berlomba membuat formula khusus itu dan meluncurkan oli khusus matic. Pertamina misalnya, perusahaan oli dalam negeri itu resmi memasuki kancah penjualan oli matic dengan nama Pertamina Enduro Matic awal tahun ini. Untuk menguatkan brand barunya itu, Pertamina Enduro Matic menggelar turing Jakarta-Bali-Jakarta sepanjang 3000 Km untuk pembuktian keunggulan oli baru itu. Di setiap kota, bikers matic mendapatkan tempat khusus sebagai segmen oli ini.

Sebelumnya, produsen lainnya telah meluncurkan oli untuk matic, seperti Yamalube, Castrol dan Idemitsu. Nah, yang lumayan menarik, PT Astra Honda Motor (AHM) pun ikut meramaikan perlombaan ini.

AHM-Oil-MPXDua produk baru pelumas yang diluncurkan awal Mei 2009 itu adalah AHM Oil MPX-1 dan AHM Oil MPX-2. Kedua pelumas ini dirancang khusus untuk sepeda motor Honda yang mempunyai kualitas dan mutu terbaik. Oli MPX (Maximum Protection Expert) 1 mempunyai spesifikasi SAE 10W-30, API:SJ, JASO:MA yang dirancang untuk kopling basah. Pelumas ini bisa digunakan untuk semua motor honda, baik jenis bebek maupun sport. Nah, oli special untuk motor matic adalah MPX-2 dengan tingkat kekentalan yang sama hanya beda di JASO:MB, diracik buat kopling sentrifugal tipe kering, khusus buat Honda jenis skubek.

Selain itu, AHM juga memperkenalkan oli khusus untuk Honda Blade dan Honda Absolute Revo 110 yang dinamai AHM Oil. Formulasinya diracik untuk memaksimalkan kinerja mesin. Juga menghemat biaya perawatan lantaran sudah dikembangkan bisa memperpanjang periode penggantian menjadi dua kalinya dari sebelumnya. Terakhir ramah lingkungan.

Di luar prospek bisnis itu, tentu saja pengguna matic lebih memikirkan usia panjangnya kendaraan mereka. Tentu saja, ukurannya adalah perusahaan yang memiliki track bagus dalam produksi oli. Yang lainnya, tentu saja rekomendasi pabrikan yang menganjurkan penggunaan suatu merek pelumas bisa menjadi acuan. Melihat dari strategi Honda, agaknya pabrikan matic Vario dan Blade ini lebih tahu, oli yang mana lebih pantas untuk motornya. Begitu juga Yamaha dengan Yamalube-nya. So, tinggal penunggang memilih oli yang mana?

Komentar»

1. ridingholic - 11 Juni, 2009

nice artikel Bro….emang dari dulu awal matic muncul dg kymco trus Yamaha dg mio pasar matic dianggap gak berarti karena kecil, tapi seiring berjalanya waktu pasar matic makin berkembang, semua pabrikan termasuk honda ikut meramaikan dg produk2 matic-nya.
Sama halnya dengan oli matic, semula gak ada yg mau bermain di pasar itu, lama kelamaan berjamur karena marketnya berkembang, yang pasti untuk honda sih “selalu wait and see”……nunggu yang semakin di depan…cmiiiiwww

2. Cute Biker - 11 Juni, 2009

mudah-mudahan nyari oli AHM gak sesulit nyari sparepart AHM…..

ben - 12 Juni, 2009

hehehe…. emang gampang nyari part honda ? beli dong…..

3. ben - 12 Juni, 2009

oli AHM ?…. ogah ach…. gua enggak percaya…..

proud2ride - 12 Juni, 2009

Emang pernah nyoba Bro ?
Sharing dong pengalamannya, biar pembaca yang laen bisa tahu juga.
Trim’s !

ben - 13 Juni, 2009

get real man ….. AHM kan pabrik motor …. kalo mau pake oli … pakailah oli yang bener-bener buatan pabrik oli…. misalkan enduro atau repsol …

4. ben - 15 Juni, 2009
5. Bulukkutuk - 23 Juni, 2009

ga percaya ahhhhh .pabrik motor bikin oli

6. aril - 27 Juli, 2009

Cuma tuk Honda aja???
trus kalo dipake ke yamaha mio gimana bosss???

7. Aziz - 29 Agustus, 2011

Setahuku AHM Oil MPX-2 itu diproduksi ama PT. Federal Karyatama alias Federal Oil yang produk untuk Matic nya Supreme Flick!
Jangan Jangan itu Cuma akal-akalanya aja biar Harganya naik (soalnya Harga Eceran AHM Oil MPX-2 Lebih Mahal dari Oli Federal atau Supreme Flick) dia bikin merek baru MPX-2

8. Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia - 8 Oktober, 2011

Yup, dulu temen2 juga pada mencibir saat ada kaum adam pake metic, tapi sekarang.. wuss maunya pada pengen punya metic.

9. Chusni Putra Zoglos - 19 Oktober, 2011

maaf kalau motor metik pake oli motor biasa ngaruh g k mesin yah

10. Sugiono AP - 7 Desember, 2020

mau itu matic atau bebek, pilihan ane tetep ke federal oil. udah nyaman banget pake itu. josssss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

<span>%d</span> blogger menyukai ini: