jump to navigation

Yukkk… Belajar Konstruksi Fuel Pump Motor Injeksi 26 Februari, 2012

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
trackback

Artikel P2R sebelumnya yang mencoba memberikan jawaban seputar mitos fuel pump motor injeksi akan jebol jika kehabisan bensin (baca SINI), ternyata masih menimbulkan pro dan kontra. Padahal P2R benar-benar bertanya kepada sumber resmi dari pihak Honda dan Yamaha. Ya tentu saja “KATANYA” sumber yang P2R ajak ngobrol, terpercaya sudah pasti itu bro!!

Wokehhh…. biar kita semua makin pinter, P2R berusaha mencari informasi dari berbagai sumber untuk menjelaskan lebih jauh seputar FUEL PUMP motor injeksi. Kita bahas pelan-pelan saja ya, biar makin luas spektrumnya. Dan jangan lupa, jika ada yang kurang, silahkan ditambahkan. Jangan cuma memperkeruh kolom komentar, nanti “Anda” ketahuan bodohnya, hihihi….!!!

Well…. balik lagi ke topik “Konstruksi Fuel Pump Motor Injeksi”. Mengapa motor injeksi butuh pompa bahan bahar bertekanan tinggi….??? Kok motor karburator enggak pakai fuel pump…???

Gini bro, motor karburator yang dibutuhkan hanya aliran bensin untuk mengisi mangkok karburator alias ruang pelampung. Enggak perlu tekanan tinggi, cukup pakai gaya gravitasi. Asalkan letak tangki bensin lebih tinggi dibanding mangkok karburator, beres tuh alirannya. Lancarrr…!!!

Nah, beda ceritanya dengan sistem motor injeksi. Agar bensin bisa disemprotkan oleh injektor, dibutuhkan aliran bensin bertekanan tinggi. Makanya dibutuhkan fuel pump, dan agar tekanannya terjaga harus ditambahkan fuel pressure regulator. Singkatnya sih gitu brooo….!!!

Lantasss…. dalam perkembangan teknologi injeksi dikenal 2 macam fuel pump. Berdasarkan letaknya, ada yang tipe in-tank (di dalam tangki) dan tipe in-line (di luar tangki). Dan keduanya sering disebut model basah. Yang dipakai Honda dan Yamaha adalah tipe in-tank. Punya Suzuki (Shogun FI) model yang berbeda lagi tuh, next time kita bahas ya.

Biar fokus, selanjutkanya yang akan P2R bahas adalah tipe in-tank. Letaknya dalam tangki, boleh tercelup bahan bakar. Bekerja secara elektris menggunakan motor listrik. Tegangan kerja 12 volt atau sesuai tegangan aki bawaan motor. Minim getaran karena penghisapan dan penekanan bensin menggunakan turbine pump.

Bagian turbine pump terdiri dari satu atau dua impeller yang diputar oleh motor listrik. Blade pada bagian luar impeller menghisap bensin dari lubang masuk (inlet port) lalu menekannya lewat lubang keluar (outlet port). Selanjutnya bensin dikeluarkan dari outlet port melaui sekitar motor listrik dan dialirkan keluar menuju injektor melewati feedback valve atau check valve.

Unit motor listrik sendiri terdiri dari armature coil, commutator, brush (sikat) dan magnet. Arus listrik dari aki dialirkan menuju kumparan armatur (armature coil) lewat sikat dan commutator. Sehingga armature coil timbul elektromagnetis. Karena kedua ujungnya dilengkapi bearing maka armature coil akan berputar. Berputarnya armature coil menyebabkan impeller ikut berputar untuk memompa bensin.

Pada unit pompa juga dilengkapi feedback valve dan relief valve. Feedback valve dipasangkan pada saluran keluar bensin yang bekerjanya semacam katup satu arah (one way). Ketika pompa bensin berhenti, katup feedback akan menutup. Sehingga meskipun mesin dimatikan, bensin dalam pipa penyalur selalu terjaga dalam kondisi bertekanan. Hal ini akan mempermudah menghidupkan mesin kembali. Sebab jika tidak ada sisa tekanan bahan bakar, mesin susah dihidupkan kembali.

Sedangkan relief valve berfungsi mencegah naiknya tekanan bahan bakar dari batas yang ditentukan. Pada unit pompa bensin Supra X125 PGM-FI dan V-Ixion, tugas relief valve digantikan oleh fuel pressure regulator (FPR). Katup FPR akan membuka jika tekanan bensin melebihi tekanan yang ditentukan. Misalnya Supra X125 PGM-FI mematok angka 3,0 kgf/cm2. Tekanan bensin yang melebihi batas yang diijinkan akan dikembalikan ke tangki.

Ikutin terus lanjutannya brooo….. sabarrrr…..

 

 

Komentar»

1. ipanase - 26 Februari, 2012

sip bang,,,,,,sennnnnnnngggggggggggggggggggggggggg,,,,,,bunyinya
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/26/kumpul-bareng-byonic-wonogiri/

2. Nu Kasep - 26 Februari, 2012

oke lg nyimak nih

3. EISCELL - 26 Februari, 2012

waduh jadi panjang ceritanya

4. petrix - 26 Februari, 2012

yang kaya gini ni artikel yg saya suka, laik this lah, tengkyu masbro

5. petrix - 26 Februari, 2012

di tunggu lanjutannya…

6. dara - 26 Februari, 2012

Gini dunk ada penjelasan teknis ,, Kali aja lebih canggih dari fuel pump mobil… hehe.. siapa tau…

http://nanozr.co.id/article/panduan-perawatan-fuel-pump
“”” Langkah preventif pertama, sebaiknya tidak sering membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong (Gbr.1). “Karena pada kondisi ini pendinginan pada motor pompa juga akan berkurang,” papar Agus Sutomo, service & engineering advisor PT. General Motors Indonesia (GMI).”””””

7. Kelakson - 26 Februari, 2012

Mantap jadi kelihatan pintarnya ngulas artikel seperti ini hehehe

8. Mbelgedhess - 26 Februari, 2012

OHH BELOM SELESAI THO……..SEMOGA DI BAGIAN AKHIR ADA LINK REFERENSINYA…………AGAR SEPERTI ARTIKEL ILMIAH GITUU…….MANTEBSSS LANJOOTTTT

9. Top - 26 Februari, 2012

Takut dibilang bodoh sm yg pnya warung, no coment dan mnyimak aja.

10. Dide - 26 Februari, 2012

Hhmm lanjut

11. ndeso bgt - 26 Februari, 2012

mz bro, klo krja injektornya gmn? Apa nyemprot bensin scr kontinu ato diskret? Coz kalo yg direct injction di 2 stroke kan diskret, cm nyemprot saat piston bergrk ke TMA, so gak ada bbm yg kluar ke exhaust. Klo yg vixi sm pgmfi gmn?

12. EKO - 27 Februari, 2012

bocoran agenda yamaha injeksi sampe 2014

2012
mio j
soul gt
jupiter z

2013
vega zr
all new vixion
xeon

2014
byson
jupiter mx
fino
scorpio

13. Robert - 27 Februari, 2012

6. dara – 26 Februari, 2012

Gini dunk ada penjelasan teknis ,, Kali aja lebih canggih dari fuel pump mobil… hehe.. siapa tau…

http://nanozr.co.id/article/panduan-perawatan-fuel-pump
“”” Langkah preventif pertama, sebaiknya tidak sering membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong (Gbr.1). “Karena pada kondisi ini pendinginan pada motor pompa juga akan berkurang,” papar Agus Sutomo, service & engineering advisor PT. General Motors Indonesia (GMI).”””””

======================================================

saya dan dara MUNGKIN akan termasuk dalam kategori “…Jangan cuma memperkeruh kolom komentar, nanti “Anda” ketahuan bodohnya, hihihi….!!!…”

karena orang bodoh yang ingin tau akan baca-baca, cari tau dari berbagai sumber dan terus belajar memenuhi rasa keingintahuannya…

14. nhc - 27 Februari, 2012

hebat ini blogger mencap komentator bodoh hehe.. aya aya wae

15. Mercon C gak Mretelli - 27 Februari, 2012

wah, lumayan nih, bisa nambah pengetahuan, kalo bisa sih kasih gambar juga bro 😀

16. penggemar ninja - 27 Februari, 2012

lanjuutt…awam nich ginian..:), maklum masih pake 2 tak..

hehe

17. sugiedane - 27 Februari, 2012

Harusnya lho kalau pakai Injeksi kalau bisa pakai Bahan Bakar yang ron nya tinggi soalnya kalau BBMnya ada kotoran / gak bersih akan mengganggu sistem injeksi itu sendiri, kalau di mesin diesel yg harus selalu dijaga kebersihanya adalah filter BBMnya

18. proud2ride - 27 Februari, 2012

14. nhc – 27 Februari, 2012

kalo sampeyan mengikuti blog ini, pasti tahu siapa2 saja yg P2R maksud. jgn cuma diambil sepotong2 atas sebuah artikel. pahamilah maksud keseluruhannya. jika ada yg kurang tambahkan.

krn ada sekelompok komentator yg tidak berniat membangun tapi merusak.

maaf sekali atas kalimat yg P2R publish tersebut, itu sangat terpaksa. piss broooo

19. proud2ride - 27 Februari, 2012
20. jonathan - 4 Maret, 2012

lain kali jangan nulis kata2 “bodoh” seperti itu bro, sebab gak semua orang mengikuti blog anda dari awal, ada juga yg pasti kebetulan baru baca seperti saya yg baru berapa kali liat blog ini, gak sampe 5 kali kayanya. dan saya cukup tersinggung tiba2 di awal sudah ada kata2 :
jangan lupa, jika ada yang kurang, silahkan ditambahkan. Jangan cuma memperkeruh kolom komentar, nanti “Anda” ketahuan bodohnya, hihihi….!!!
ini cuma masukan aja, diterima silakan, gak juga gapapa 😀

21. Sherly Gio - 3 Oktober, 2013

gmna cara buat benerin tekan an turbin pump gan?
mio j gw ngadat nih…

22. dika - 12 Februari, 2014

Ada yang tahu gak bikin motor boar buss terbang terbang….

23. wanto - 22 Mei, 2014

sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena postingnya memberi saya banyak informasi..maaf sekiranya mau menjawab pertanyaan saya..motor saya vario 125.pertanyaan saya kalau servis di ahass yg dikerjakan mekanik untuk vario injksi itu apa aja?karena saya perhatikan jok dibongkar ga lama kemudian dipasang lg.trims

24. Dora sebastian - 26 Juli, 2017

Makasi mas broo atas impormasinya yg sangat bisa ane mengerti …..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: