jump to navigation

Lapor Polisi Lewat Aplikasi HP, Perlu Dicontoh Polda Lainnya 23 Desember, 2017

Posted by proud2ride in General, Tips & Trik.
Tags: , ,
trackback

3D3F80E5-28D2-4821-AF5E-8EAF9641B799

Melapor soal suatu perkara kepada polisi kadang memberatkan bagi sebagian orang. Bisa jadi karena tak paham caranya atau lokasi kantor polisi yan jauh, hingga perlu waktu. Untuk memecahkan masalah ini Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan membuat lebih mudah melalui media telepon pintar alias smart phone

Polda Kalsel pada akhir pekan ini, memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Selalu Aktif dan Siaga, Rakyat Senang dan Nyaman (Sasirangan). Aplikasi Sasirangan memanfaatkan kemajuan teknologi digital di Indonesia. Aplikasi ini menjadi bukti Polri ingin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor polisi untuk melaporkan tindak kejahatan. Namun tinggal memanfaatkan ponsel pintar atau komputer yang tersambung dengan internet. Lalu, laporan yang masuk ke aplikasi akan disimpan di database terintegrasi Sasirangan.

“Ada juga fitur Locator untuk melacak posisi orang (masyarakat dan petugas), menemukan identitasnya,menemukan posisi kantor polisi terdekat,” kata Kapolda Kalimantan Selatan, Brigadir Jenderal Polisi Rahmat Mulyana.

Pelapor juga bisa langsung berkomunikasi dengan admin melalui fitur Chat. Jika laporan darurat bisa menekan tombol darurat yang terhubung dengan Polres terdekat. Jika sudah melapor, masyarakat bisa mengecek laporannya melalui fitur Status pelaporan. Sementara para petugas bisa mengetahui perkembangan laporan masyarakat dari fitur Status yang aplikasinya dipisahkan untuk masyarakat dan petugas.

Kemudian, aplikasi Sasirangan bisa dimanfaatkan para petugas untuk mengetahui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang terkoneksi dengan e-penyidikan secara nasional.
“Sistem ini terintegrasi dengan Sistem Informasi Personel Polisi (SIPP), e-Penyidikan Bareskrim, Dukcapil Kemendagri sehingga tidak memerlukan input manual data masyarakat,” jelasnya.

Aplikasi ini amat memudahkan dan membantu masyarakat. Siapa saja bisa melapor segera ke polisi tanpa ragu dan takut seperti selama ini. Untuk itu, model pelaporan via media digital seperti ini perlu dicontoh oleh Polda lainnya. Dan Polisi dab masyarakat pun bisa semakin dekat.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: