jump to navigation

Waduh! Buruknya Udara Jakarta, No. 1 Sedunia 19 Mei, 2018

Posted by proud2ride in General.
Tags:
trackback

56A32A60-EE8B-4DCF-A794-9261DC0DFF2C

Warga Jakarta patut berduka. Soalnya, Ibukota kebanggaan ini baru saja dinobatkan sebagai kota dengan udara terburuk di dunia. Waduh! Akibatnya, mereka yang sehari hari wara wiri di Jakarta perlu ekstra menjaga kesehatan, apalagi berolahraga di ruang terbuka di kota metropolitan ini.

Indeks terbaru yang amat mengejutkan ini disampaikab Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dia menyatakan kualitas udara di Jakarta buruk. Bahkan, kata dia, Jakarta telah menjadi juara dunia sebagai kota yang paling buruk kualitas udaranya.

“Indonesia nomor satu dalam hal indeks kualitas udara terburuk, mengalahkan Lahore, Dhaka, dan Beijing. Ini sudah diumumkan pada 13 Mei 2018,” kata Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018.

Padahal tahun sebelumnya posisi Jakarta masih di urutan lima di bawah Beijing (Cina), Santiago (Cile), Kolkata (India), dan Hongkong (Cina). Pemeringkatan kota tersebut berdasarkan indeks kualitas udara real-time pada aplikasi Airvisual.

Buruknya udara tersebut mendapat warning untuk pemerintah DKI. Bahkan Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) melakukan somasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena dinilai tidak taat dalam melaksanakan aturan pengendalian kualitas atau pencemaran udara.

Apa usaha Pemda? Sandiaga tengah mendorong penggunaan bahan bakar kendaraan yang berbasis ramah lingkungan. Salah satunya dengan menjalankan program langit biru. “Program yang mendorong penggunaan gas sebagai bahan bakar kendaraan,” ujarnya.

C6E2D640-B700-47AE-ADA1-AC2A84B61A2D

Untuk mewujudkan program tersebut, PT Jakarta Propertindo telah membuat alat konversi gas yang diberi nama Jakpro Gas Converter Kit Utilization Program. Cara itu merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan pencemaran udara di Jakarta.

Bagi warga sendiri tindakan preventif perlu dilakukan guna menjaga kesehatan. Mereka yang sering berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker. Sebab udara yang buruk bisa menyebabkab aneka penyakit pernapasan. 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: