jump to navigation

4 Dugaan Penyebab Gubernur Anies Jatuh Dari Motor Besar 8 Agustus, 2018

Posted by proud2ride in Safety, Tips & Trik.
Tags: , ,
trackback

5EFF3409-3AA1-4B9C-8B5D-EA0C230B0A9A

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terjatuh saat menjajal motor-motor besar yang digunakan untuk pengawalan di ajang Asian Games 2018, Selasa pagi (8/8).  Usai memimpin Apel Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Anies bermanuver dengan sedikitnya 3 jenis moge. Dan salah aatunya dia terjatuh saat berhenti mengerem.

Motor yang dikendarainya tergolong besar dan berat yakni BMW K 1600 GTL Exclusive. Anies berputar di area monas sebanyak 2 kali dan langsung tebah bersama sang motor saat berhenti. “Biasa naik Vespa,” seloroh Anies setelah sang motor didirikan sejumlah aparat Pemda.

Pakar safety riding yang juga pimpinan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menyatakan setidaknya ada tiga kesalahan bagi mereka yang tak terbiasa mengendarai moge hingga terjatuh saat berhenti. “Patut diduga Anies kehilangan keseimbangan pada saat dirinya berhenti,” jelas Jusri seperti dikutip dari garduoto.com

Kesalahan tersebut yakni:

  1. melakukan pemberhentian yang tajam dan adanya momentum yang diterima badannya yang tidak sejalan dengan motor. Saat motor sudah berhenti, tetapi badannya bergerak kedepan karena momentum dorongan tadi. Sehingga membuat hilang keseimbangan.
  2. Dugaan lain, kesalahan menggunakan rem. Pada saat kecepatan nol, maka teknik pengeremannya bukan dengan menggunakan rem depan, tetapi roda belakang agar bisa seimbang.
  3. Penyebab terjatuh lainnya adalah pada saat mulai pengereman, justru pandangan mata pengendara condong ke bawah. Hal ini bisa menyebabkan pengendara kehilangan keseimbangan saat berhenti.
  4. Bisa juga saat berhenti, roda depan dengan roda belakang tidak selaras atau sejajar. Jadi begitu sedikit saja bengkok roda depannya, maka keseimbangan menjadi hilang dan terjatuh karena tidak kuat menahan berat motor.

Karena itu, kata Jusri, apabila kita ingin mengendarai motor besar maka harus memahami dahulu teknik dasar safety riding. Teknik dasar tersebut seperti menikung, mengerem yang benar bagaimana dan postur tubuh saat naik Moge itu bagaimana yang benar.

Soalnya motor besar memiliki tenaga yang lebih besar, heandling yang sangat berbeda dengan motor kecil. Sehingga saat mengendarainya tinggal beradaptasi saja. Pahami dulu karakter sang motor agar mudah menungganginya.

Komentar»

1. Rangga - 9 Agustus, 2018

gara2 motor, suhu politik panas hahahaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: