jump to navigation

Setelah 38 Tahun, MotoGP Kembali Alami Pembatalan Balapan 27 Agustus, 2018

Posted by proud2ride in Balap & Touring.
Tags: , ,
trackback

A8A8DA48-209F-42D0-B4E8-3C94116B4510

MotoGP adalah ajang balapan terakbar di dunia. Balapan ini digelar di sejumlah negara dengan kondisi sirkuit megah. Namun apa daya, kemegahan sirkuit dan modernisasi sistem balapan harus mengalah dengan kondisi alam.

Gelaran MotoGP 2018 Seri Inggris akhirnya harus dibatalkan karena kondisi cuasa yang tak kunjung membaik. Gangguan alam ini membuat lintasan yang tergenang air tak aman bagi pembalap untuk kebut-kebutan.

Demi keselamatan pembalap, ajang seri ini akhirnya dibatalkan untuk seluruh kelas, MotoGP, Moto2 dan Moto3. Dalam kondisi gundah, sejumlah tim meminta balapan dialihkan ke hari Senin. Namun dari prakiraan cuaca, Senin pun hujan masih akan mengguyur Silverstone. Yap, pembatalan adalah pilihan terakhir.

Setelah 38 tahun, baru kali ini ajang MotoGP dibatalkan menjelang balapan berlangsung. Pembatalan MotoGP semua kelas terakhir terjadi pada MotoGP seri Austria pada tahun 1980 silam. Kala itu, balapan terpaksa dibatalkan karena salju.

D7FF11E0-8DCA-413D-9083-F1925C8F79DD

Bahayakan Pembalap

Balapan MotoGP Inggris sedianya digelar di sirkuit Silverstone, Minggu (26/8) dengan jadwal yang dimajukan pukul 17.30 WIB. Gal ini dilakukan berdasar pengalaman saat sesi kualifikasi sehari sebelumnya. Namun hujan lebat keburu datang. Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya balapab dibatalkan.

Alasan pembatalan menurut direktur balapan adalah karena hujan deras yang merata hingga menghasilkan debit air tinggi terakumulasi dengan terjadinya sedikit pengurasan aspal baru. Adanya genangan air yang tidak mengalir di beberapa sektor sirkuit yang merupakan titik pengereman, sehingga cenderung membahayakan para pebalap.

23A85739-7DF9-48FB-9C8A-D8F9A95BB984

Sehari sebelumnya pada saat sesi kualifikasi dengan kondisi hujan yang intensitasnya lebih sedang, genangan air di sektor menjelang tikungan sirkuit Silverstone menyebabkan beberapa pebalap kehilangan daya cengkram ban saaat pengereman dan terjatuh.

Kondisi ini telah memakan korban yakni Tito Rabat yang sudah terjatuh mengalami insiden terlanggar motor Franco Morbidelli yang terhempas setelahnya. Akibatnya, Tito harus dirawat secara intensif karena menderita patah tulang kaki kanan.

MotoGP Mania harus bersabar. Kejuaraan Dunia MotoGP akan kembali beraksi di Misano-Italia dalam waktu dua minggu ke depan. 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: