jump to navigation

Kenali Busi Yuk! Perlukah Busi Racing untuk Harian? 13 September, 2018

Posted by proud2ride in Teknologi, Tips & Trik.
Tags: , , , ,
trackback

27E38CA1-458C-4A9C-AD83-7E609B1EA82D

Keberhasilan pembalap ngebut di dunia balap dengan busi khusus racing kerap menggoda pemotor harian untuk menjajalnya. NGK produsen busi menyatakan sudah tak terhitung tim yang mengandalkan busi balap NGK yang berkualitas tinggi dan andal. Oleh karena itu, busi NGK memiliki reputasi yang sangat baik di seluruh dunia.

Nah, ini dia pertanyaan yang cukup sering dilontarkan kepada Diko Oktaviano selaku Technical Support dari NGK Busi Indonesia antara lain: Apakah busi NGK yang digunakan tim balap akan cocok untuk mobil harian?

Ada juga yang bertanya, apakah mungkin untuk meningkatkan kinerja mesin hanya dengan menggunakan busi balap?

Jawabannya ternyata di luar dugaan; adalah ‘tidak’. Busi yang digunakan di lintasan balap telah didesain dan dirancang secara khusus untuk aplikasi mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dan beroperasi dengan kompresi yang sangat tinggi dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin biasa.

FAC7C4D8-0A1E-4FB5-8DEE-7820143E8E76

Oleh karena itu, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik. Dengan karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang sangat ekstrim, dalam penggunaan pada mesin biasa dapat menyebabkan beberapa permasalahan seperti deposit karbon berlebih hingga misfiring.

Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop & go.

Kabar baiknya adalah: Ada cara alternatif untuk meningkatkan kinerja mesin yang cocok untuk penggunaan harian. Busi Iridium IX dari NGK yang menggunakan teknologi balap sesuai untuk semua orang.

Sama seperti kebanyakan busi balap terbaru NGK, ujung elektroda pusatnya terbuat dari logam mulia Iridium, yang memiliki titik leleh yang tinggi dan konduktivitas listrik yang luar biasa.

562C3787-04C5-4019-B128-C40DB6DA3217

Elektroda pusat busi Iridium IX berdiameter 0.6 mm yang mampu menciptakan percikan listrik lebih fokus untuk menghasilkan efek pertumbuhan api yang cepat membesar sehingga menghasilkan ledakan energi yang lebih tinggi.

Hal yang dapat dirasakan secara instan setelah penggunaan NGK Iridium IX adalah respon akselerasi yang semakin spontan dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan jenis elektroda standar. Gak perlu busi balap, cukup Busi Iridium !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: