jump to navigation

Ana Carrasco, Perempuan Pertama Juara Dunia Balap Motor 2 Oktober, 2018

Posted by proud2ride in Balap & Touring, Kawasaki, Merk.
Tags: , , ,
trackback

054C0B46-E8C3-4DED-875D-2F06DBE4E2FD

Nama Ana Carrasco akan harum dalam sejarah balapan sepeda motor dunia. Pembalap Spanyol berusia 21 tahun ini baru saja mengukir rekor sebagai pebalap perempuan pertama yang menjuarai sebuah ajang balap motor. Ana Carrasco mencetak prestasi besar tersebut di seri terakhir ajang balap World Supersport (WSSP) 300 di Sirkuit Magny-Cours, Perancis, Minggu (30/9/2018).

Ajang yang sama di tahun ini juga diikuti pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama yang menduduki posisi 10 di klasemen akhir pembalap. Ana Carrasco menjadi satu satu pembalap perempuan di kejuaran balap dunia yang digelar bersamaan dengan seri WSBK dan WSSP tersebut

Meski hanya juara dunia di kelas pendukungan WSBK, prestasi Ana Carrasco sebagai juara dunia ini mendapat acungan jempol dari berbagai kalangan, mengingat dia adalah rider perempuan. Marc Marquez, Dani Pedrosa hingga Jorge Lorenzo yang senegara dengannya menyampaikan selamat.

Di WSSP300 Ana Carrasco bergabung dengan tim DS Junior mengendarai Kawasaki 400. Sepanjang 8 seri, Ana tercatat 2 kali meraih podium pertama yang juga menjadi dua podium totalnya di ajang ini. Di klasemen akhir Carrasco mengumpulkan 93 poin, hanya berbeda 1 poin dengan peringkat kedua Mika Perez yang juga dari Spanyol.

Perjalanan panjang dilalui Ana Carrasco sebagai pembalap internasional. Dia sudah membalap sejak tahun 2009. Yang terbesar adalah ketika dia menjalani debut Moto3 pada 2013 bersama Team Calvo dan bertandem dengan Maverick Vinales.

Tahun itu Vinales menjadi juara sementara Ana Carrasco masih terseok seok prestasinya. Tiga tahun di Moto3 dengan hasil buruk dia meninggalkan ajang ini tahun 2016 dan berlabuh di FIM CEV Moto2 Eropa. Nasibnya juga belum beruntung.

1105F238-5A07-40D9-832D-FFE89CE11804

Tahun 2017, Ana Carrasco putar haluan dengan membalap di WorldSSP300. Di sini dia mulai menemukan irama kenyamanan membalap. Di Portimao, Portugal, ia menjadi rider wanita pertama yang mampu meraih kemenangan di kejuaraan dunia balap motor road race.

Tahun 2018, menjadi puncak karir Ana Carrasco di ajang ini. Ana sukses mengunci gelar hingga akhir seri balapan. Diwawancarai media Spanyol Marca, Ana mengaku ingin melanjutkan karir hingga WSSP dan berharap bisa berlabuh di ajang World Super Bike suatu hari kelak. Menarik sekali, kita tunggu kiprah perempuan tangguh ini di tahun mendatang.

FCF09ABE-A5DF-433F-BD71-8FAEEC2AAE74

Komentar»

1. Darli - 2 Oktober, 2018

Widih, setelah ngilang di Moto3, doi juara di sini. Keren ,,,,

2. Ny. Wijaya - 3 Oktober, 2018

Wah keren bo… perempuan tangguh n setrong.

3. Runiy - 3 Oktober, 2018

Gak nyangka perempuan bisa sekelas ini. Dulu di Indonesia ada Inux Blazer, tapi gak pernah tembus juara di kelas laki laki hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: