jump to navigation

Selain Gesits, Ini Motor Listrik yang Siap Produksi Massal 8 November, 2018

Posted by proud2ride in Honda, Merk, Produk Baru, Yamaha.
Tags: , , ,
trackback

6EC1EFF3-930B-4FB0-A213-B0ADF6AC6674

Motor listri Gesits tengah ketiban pulung dalam pemberitaan setelah Presiden Jokowi mengapresiasi kehadirannya. Bahkan kepala Negara sudah sudah melakukan test ride motor produksi anak bangsa ini di kawasan Istana Negara, Rabu (7/11). Amboi, Presiden bahkan menyatakan akan menjadi konsumen pertama Gesits.

Gesits yang disebut sebagai motor listrik 100% karya anak Bangsa, merupakan project bareng antara sejumlah lembaga. Antara lain, Kampus ITS Surabaya, Kampus ITB PT Wijaya Karya dan PT Garansindo sebagai pemasar produk ini kelak.

Dalam kesempatan uji coba tersebut, Presiden menyatakan bahwa Gesits sudah lama masuk uji coba. “Tadi, kita bicara masalah produksinya. Jadi sebentar lagi mau diproduksi. Untuk kuantitas produksi, motor ini dalam sebulan kurang lebih 5.000 unit atau 60.000 unit setahun,” ungkap Jokowi.

Kehadiran motor listrik memang tengah dikejar oleh sejumlah pabrikan. Keberadaannya pun ditunggu sebagai motor masa depan. Sementara pemerintah pun sudah mencanangkan kewajiban berupa regulasi di tahun mendatang soal jumlah produksi motor listrik.

Karena itu, selain Garansindo dan rekanannya, beberapa pabrikan juga tengah mengembangkan motor listri dan bakalan siap digeber pula untuk masuk tahap produksi massal. Antara lain:

EDFBD4CE-6C87-4C65-A561-3E009F94F0CD

  1. Honda dengan PCX Electric

PT Astra Honda Motor juga diketahui tengah menyiapkan sepeda motor klasiknya. Tahun 2016 silam, Honda sudah menampakkan kemajuan tersebut melalui 2 unit model EV Neo. Program uji coba perilaku berkendara dengan motor listrik digulirkan bekerjasama dengan kampus UI dan Kementrian Perhubungan.

Setelah Tokyo Motorshow akhir tahun 2017, kencang beredar kabar, motor listrik Honda akan disematkan dengan bodi PCX. Karena pada pameran otomotif tersebut, dihadirkan motor konsep PCX Electrc. Banyak yang meyakni motor listrik Honda pertama tersebut adalah motor PCX Electric yang juga dipajang di pameran IMOS 2018. “Jika masuk produksi, kemungkinan cepat baru bisa dilakukan dalam 2 tahun,” ungkap seorang officer di AHM.

  1. Yamaha dengan E-Vino

Yamaha Indonesia, diam diam juga tengah serius dengan sepeda motor listriknya. Menjelang tutup tahun 2017, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) menggelar konferensi pers “Market Trial” sepeda motor listrik Yamaha di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut Yamaha memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba motor listriknya yang diberi nama E-Vino.

YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD. Uji coba dilakukan di lingkungan mitra tersebut sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

0EB541A7-1BAA-47E1-BC0C-B8E1416B50C3

  1. Viar Indonesia Q1

Tanpa diduga, Viar Motor Indonesia malah melangkahi sejumlah nama besar dalam menghadirkan sepeda motor listrik di Indonesia. Sudah dua tahun belakangan Viar memproduksi dan memasarkan sepeda motor listriknya. Dengan hebatnya Viar menggandeng nama besar Bosch sebagai penyedia perangkat listriknya.

Brand dengan tagline “motor asli buatan Indonesia” ini sudah memiliki dua model motor listrik yang dibuat secara local. Yakni skuter matik Viar Q1 dan motor trail E-Cross. Hingga akhir tahun disebut, Viar sudah menyiapkan beberapa produk baru motor listrik yang akan diluncurkan.

Komentar»

1. awansan - 8 November, 2018

Jadi nggak sabar nunggu price listnya, mampukah masyarakat indo membelinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: