jump to navigation

Gubernur Anies Akan Batasi Usaha Cuci Mobil/Motor, Kenapa? 4 Januari, 2019

Posted by proud2ride in Social Politik.
Tags: , ,
trackback

2544abf7-451c-41d1-9e5f-77dcdc80cb95

Di Jakarta dan sekitarnya serta kota besar lainnya, membuat mudah banyak hal. Termasuk dalam urusan bikin kinclong mobil atau sepeda motor. Motor kotor? Gak perlu lagi repot-repot cari air, sabun lalu cuci sendiri. Cukup serahkan kepada tempat cuci mobil/motor.

Namun, ke depannya, bisa jadi usaha cuci mobil/motor bakal sulit ditemukan, terutama di Jakarta. Gubernur Anies memandang, usaha ini memberi kontribusi besar terhadap pencemaran kali di wilayah Ibukota.

Kebijakan ini diterapkan, terkait banyaknya penggunaan detergen yang berasal dari usaha cucian mobil/motor. Hasil buangan detergent ini, dinilai menjadi penyebab limbah di sungai-sungai. Sebagaimana diketahui, pemerintah DKI tengah membenahi kualitas kali di Jakarta, yangh banyak tercemar limbah.

Ke depannya, pemerintah akan membuat kebijakan yang membatasi usaha cucian mobil/motor. Hanya yang bisa mengendalikan limbahnya dan tak mencemari sungai yang alan diizinkan beroperasi. Hal yang sama juga berlaku untuk usaha laundry yang merebak di Ibukota dan banyak juga menggunakan detergent.

Selanjutnya, pemerintah DKI akan melakukan pertemuan dengan menteri perdagangan dan menteri perindustrian, untuk membicarakan standar detergen yang diproduksi dan digunakan di Indonesia.

“Pemerintah Jakarta akan mengatur di mana saja yang boleh melakukan usaha cuci mobil, tempat laundry dan pengolahan air limbah,” ucap Anies Baswedan di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis 3 Januari 2019. Melihat dampaknya pada pencemaran kali sih, ngeri juga. Semoga ada jalan keluar, limbah bisa diamankan, tempat cuci mobil/motor pun mudah ditemukan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: