jump to navigation

Kesal Jalan Rusak, ABG di Sumsel Rela Jadi Model Kubangan Lumpur 27 Februari, 2019

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

Jalan di wilayahnya rusak bertahun-tahun membuat gerah seorang fotografer lokal dan sejumlah ABG di Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka membuat keriuhan yang cukup unik, yakni mengambil beberapa angel foto unik dan lucu.

Jalan rusak tersebut berada di Ogan Komering Ulu, Sumsel. Dalam aksi fotonya, mereka bercerita, mulai dari kongkow aneka gaya di hadapan kubangan lumpur, hingga rela terjun ke dalam lumpur, mandi lumpur difoto laksana model.

Protes dengan gaya tak lajim ini cukup berhasil. Aksi mereka viral di media massa. Bahkan sejumlah media nasional mengangkatnya menjadi berita menarik.

Hasil lebih utamanya adalah membuka mata Pemda untuk mengurusi jalan tersebut. Pemda Sumatera Selatan mengaku telah menganggarkan dana 500 milyar untuk memperbaiki jalan provinsi tersebut.

Robby Ari Sanjaya fotografer yang menjadi leader pemotretan para ABG tersebut mengatakan, ide pemotretan di jalan berlumpur tersebut muncul karena kegundahannya akan jalan rusak berlubang besar itu.

Tiap pagi dan malam dia lewat jalan rusak, jalan penghubung antara Batumarta-Baruraja ini. Sedih bercampur ngeri melihatnya. Makin hari kerusakan makin parah, tanpa ada perbaikan. Dia memutar otak bagaimana menyampaikan protes. Akhirnya dipilih dengan memotret jalan rusak dengan angle bercerita.

“Daripada kesal begini, kenapa nggak saya foto saja ya. Kemudian saya kumpulin ide buat setiap foto ada ceritanya, mulai dari foto romantis, tragis, tetapi juga ada sisi komedi. Intinya, lebih mengekspresikan kekesalan saja,” kata pria 40 tahun ini.

Dia akhirnya mengajak 4 orang ABG sebagai model karya fotonya pada akhir pekan, Minggu (24/2). Sang model kebetulan juga warga sekitar yang juga punya pengalaman buruk pada jalan rusak ini.

Putri model yang rela mandi lumpur mengaku pernah terjatuh akibat jalan rusak tersebut. Bukan hanya dia, sejumlah kawan dan warga sekitar pernah dilihatnya jatuh dengan kondisi parah di situ. “Semoga aksi kami didengar pemerintah,” kata Putri.

Ya, gayung bersambut. Pemprov Sumatera Selatan menargetkan perbaikan jalan pada 2019 segera terealisasi dan sudah disiapkan dana Rp 500 miliar. Dana ini akan digunakan untuk perbaikan jalan-jalan di 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang Rabu (27/2).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: