jump to navigation

Lambretta Masuk Indonesia, Inilah Skuter Warisan Perang Dunia II 6 Maret, 2019

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

Orang Indonesia lebih banyak mengenal skuter yang dipopulerkan oleh Vespa atau Piaggio. Namun tak banyak yang tahu jika di dunia, khususnya di Eropa ada satu nama yang cukup terkenal, yakni Lambretta.

 

Nama Lambretta tengah naik di pemberitaan otomotif Indonesia pada pekan ini. Awalnya dikaitkan dengan event International Motor Show (IIMS) 2019 yang sebentar lagi dilaksanakan di Indonesia. Konon, Lambretta menjadi IIMS sebagai awal kedatangannya di Indonesia.

 

Dalam Instagram @lambrettaid juga disinggung soal ini melalui hashtag #lambrettaindonesia. Bahkan di beberapa foto dicantumkan keterangan ‘coming soon to Indonesia’. Pasar Indonesia memang menggiurkan, apalagi sebelumnya, Skuter asal Italia ini telah hadir juga di Thailand.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh juga memberi sinyal soal kehadiran Lambretta Indonesia di event IIMS 2019. “Ada brand-brand baru dari Eropa yang sudah lama tidur hadir lagi,” ujarnya memberi kisi kisi.

 

Lambretta sempat mewarnai industri sepeda motor dunia paska perang dunia kedua. Kelahirannya berawal dari ide untuk menciptakan alat transportasi yang murah tercetus saat Tentara Sekutu menduduki kota Roma pada tahun 1944. Ferdinando Innocenti terinspirasi dari skuter Cushman yang dibawa oleh Tentara Amerika.

 

Prototipe skuter yang dinamakanExperiment O telah selesai dibuat dalam waktu beberapa bulan saja. Para desainer yang bekerja untuk Innocenti terus menyempurnakan skuter baru ini dan akhirnya masuk jalur produksi pada bulan Oktober 1947. Sementara itu, tim marketing Innocenti sibuk menyiapkan nama yang cocok bagiskuter ini. pada akhirnya tercetus nama Lambretta M.

 

Kenapa dinamakan Lambretta? Lambretta adalah nama sungai kecil yang berada di sekitar pabrik Innocenti. Dibandingkan dengan motor lain pada saat itu, Lambretta memiliki detail bodi yang mengedepankan estetika. Skuter mungil ini ditawarkan dengan beragam pilihan warna.

 

Era ‘50an sampai ‘60an Innocenti juga melihat pasar luar negeri, oleh karena itu ia mendirikan pabrik perakitan di India, Argentina, Brazil, Kongo, Spanyol, Kolumbia, Indonesia, Sri Lanka, Pakistan, Turki, danPerancis.

 

Lambretta mengalami jaman keemasan pada akhir tahun 1951, saat diluncurkannya skuter 125 D yang ekonomis dan 125 LD yang luks. Tahun 1958, hadir Lambretta 175 TV (TurismoVeloce) yang dilengkapi mesin yang bertenaga. Di tahun ini, Lambretta berada di puncak kesuksesan karena setiap unit Lambretta selesai dirakit dalam waktu 50 detik saja dan pabriktersebut mampu menghasilkan 15.000 unit skuter per bulannya.

 

Tahun 1966 diperkenalkan Lambretta 200 X Special, dimana skuter ini menyandang predikat sebagai skuter tercepat di Italia saat itu. Tahun 1968, Innocenti merangkul desainer kondang Nuccio Bertone untuk mendesain ulang Lambretta LI dan SX serta menghadirkan varian baru, yaitu DL.

 

Lambretta DL 200 adalah paling top dan dijuluki skuterter kencang di dunia. Namun krisis ekonomi pun mulai melanda dunia industri, sehingga Innocenti harus menutup bisnis dan jalur produksi Lambretta berakhir pada bulan April 1971.

 

Setahun kemudian, pemerintah India pun membeli seluruh peralatan pabrik Innocenti seharga 3 milyar Lira, dan skuter mungil ini pun akhir berhasil ‘hidup’ kembali hingga tahun 1990-an. Tahun 2016, nama Lambretta kembali bangkit, pelan namun pasti.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: