jump to navigation

Desa Cinangka, Dari Pelebur Aki ke Bengkel AHASS 22 Maret, 2019

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

Desa Cinangka di Bogor, Jawa Barat terkenal sebagai desa yang warganya banyak bekerja sebagai pelebur aki bekas. Pekerjaan yang berbahaya, karena berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan warganya. Melalui proses yang cukup panjang, Wahana Honda mengajak warga untuk beralih profesi. Antara lain dengan memfasilitasi pembangunan bengkel sepeda motor.

Bengkel ini dimanfaatkan untuk mengalihkan mata pencaharian peleburan aki selama ini. Wahana Honda melalui Yayasan Wahana Artha (YAW) melakukan peresmian bengkel BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Cinangka Motor pada Rabu (20/03) yang ditandatangani langsung oleh Bupati Bogor, Ade Yasin. 

Bantuan ini mendapatkan apresiasi positif oleh Bupati Bogor yang merasa salut dengan langkah yang diambil Yayasan Wahana Artha guna menekan usaha peleburan aki bekas yang telah berjalan puluhan tahun dan berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan warga sekitar.

Ketua Umum Yayasan Wahana Artha sekaligus Head of CSR Wahana, Ronnal Prawira pada saat serah terima dan peresmian bengkel yang diberi nama Bumdes Cinangka Motor berharap, bengkel ini dapat memberikan manfaat secara ilmu dan ekonomi kepada warga desa Cinangka Bogor.

“Pembukaan bengkel ini bukan berarti tugas sudah selesai, kami berharap warga khususnya yang bertanggung jawab terhadap bengkel ini dapat memanfaatkan fasilitas yang telah kami berikan dan dapat dikembangkan dengan baik,” papar Ronnal

Bengkel hadir lengkap dengan paralatan terbaik seperti special tools, tyre changer, charger aki, hingga mesin pompa ban jenis nitrogen. Sementara, pengurus dan pekerja bengkel ini sebelumnya telah dapatkan pelatihan langsung dari Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT. Wahana makmur Sejat (WMS) selam sebulan. 

Tidak hanya dapatkan teori dan praktek teknik sepeda motor, para peserta juga dapatkan kesempatan magang di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana, sehingga antara pelatihan dan praktek didukung dengan kerja lapangan langsung.

Yayasan Wahana Artha merupakan lembaga nirlaba dibawah naungan Wahana Artha Group dengan fokus di 3 bidang yaitu pendidikan, lingkungan dan kesehatan. Pemilihan desa Cinangka didasarkan isu yang ditulis salah satu media ternama terkait pencemaran lingkungan akibat peleburan aki tradisional dan ilegal yang telah berlangsung puluhan tahun. 

Setelah melakukan survey dan pendekatan dengan warga Cinangka Bogor, Yayasan Wahana Artha akhirnya berinisiatif untuk memberikan pelatihan dan bantuan pembangunan Bengkel. Keren, dari pelebur aki ke bengkel AHASS.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: