jump to navigation

Memanas soal Motor 250cc 4 Silinder, Apa Sih Kelebihannya ? 25 Juni, 2019

Posted by proud2ride in Kawasaki, Merk.
Tags: ,
trackback

F96C04E7-F9FC-49EA-A042-947F3D53A8F9

Modernisasi sepeda motor membuat efisiensi di bagian mesin sepeda motor. Jika dulu tahun 80-90an motor 250cc banyak dibekali mesin 4 silinder, setelah itu cukup dua bahkan 1 silinder. Toh, top speed-nya masih mumpuni di jalan raya.

Setahun belakangan, Kawasaki Motor memanaskan suasana dengan bakal menghidupkan kembali sepeda motor 250cc dengan empat silinder.

Kabar ini memanas kembali belakangan ini setelah majalah sepeda motor kenamaan di Jepang, Young Machine menampilkan gambar cikal bakal sang motor, berikut ulasan seputra jeroannya.

Bagi Kawasaki memanaskan pasar dengan model ini amat diperlukan setelah Ninja250 berhasil dipepet oleh Honda CBR250RR yang sama-sama punya mesin 2 silinder. Pasalnya upaya Kawasaki menghadirkan Ninja baru dengan peningkatan power masih kutang ngefek.

Pertanyaannya, perlu gak sih sepeda motor sport 250cc harus dibekali mesin 4 silinder? Membandingkan harganya kelak yang pasti lebih mahal, P2R lebih yakin motor 250cc dengan 2 silinder akan lebih laku.

Diperkirakan hanya bike enthusiat yang betul-menantikan motor sport dengan kapasitas mesin menengah (250cc – 650cc) berkonfigurasi 4-silinder, baik itu inline maupun V4. Balik lagi, hanya para penggemar saja yang berani menebus demi sebuah kenyamanan

Kelebihan motor 4 silinder di kelas seperempat liter ini antara lain kareja powernya yang lebih besar. Dengan empat piston, bore bakal lebih kecil, dan stroke lebih pendek dari mesin dua silinder atau satu silinder.

Dengan stroke lebih pendek, mesin bergerak lebih ringan dari mesin dengan stroke panjang. Dengan begitu, kecepatan crankshaft mempu berputar dengan cepat dan putaran mesin (rpm) bisa lebih tinggi. Hasilnya tenaga menjadi lebih besar.

Bersamaan dengan powernya yang tinggi, motor ini juga hadir dengan fitur yang tergolong mutakhir. Artinya, harus tampil lebih mempesona. Tak ingin sosoknya, malah kalah dibanding mesinnya. Jadi tampak dalam sama luar harus sama-sama berkelas.

Yamaha contohnya, membekali Yamaha FZR250R dengan teknologi legendaris Genesis 5-Vale Engine dan EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve). Sementara itu Kawasaki ZXR250 sudah dibekali slipper-clutch.

Peningkatan juga bakal terjadi di beberapa part lainnya. Antara lain, suspensi yang upside-down, sasis aluminium twin-spar, dual front disc-brake, velg magnesium, dan berbagai part ‘eksotis’ lainnya. Bahkan swing-arm yang digunakan memiliki bentuk Gull-arm layaknya superbike.

Konon, Kawasaki ZX-25R yang disebut-sebut bakal menjadi jagoan Kawasaki di kelas 250cc dengan 4 silinder bakal seheboh ini. Selain spesifikasi mesin baru, juga suspensi depan yang upside down, rem depan double cakram, dan garis desain yang mirip dengan moge Ninja H2 dan H2R.

Gak heran, jika kelak Kawasaki ZX-25R jadi diproduksi, tentu akan memiliki harga jauh lebih mahal dibanding New Ninja 250 FI. Nah, mending pilih yang mana?

Komentar»

1. ngaspalcom - 25 Juni, 2019

bisa ngebut, tp di siurkuit aja, hahaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: