jump to navigation

Bunyi “Brebet” pada Karburator Motor, Yuk Atasi Sendiri di Rumah 13 Agustus, 2019

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags: ,
trackback

D13F4123-C45D-4A0E-A227-62AC677777C9

Perawatan motor sebenarnya tidak melulu mahal dan ribet, kadang kita bisa mengerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Misalnya mengatasi sepeda motor yang bersuara kasar atau bunyi brebet yang disebabkan oleh karburator yang kotor.

Suara kasar atau bunyi brebet biasanya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan bisa mogok. Kalau kita ingin mengerjakan sendiri, kita cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor.

Menurut Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, saat ini pembersih karburator dan injektor sudah banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan, salah satunya adalah Rexco 81. 

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali. 

Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak di dalamnya.

“Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalam menjadi getas dan mudah untuk sobek, tambah Tomy.

Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi, mengatakan, sudah biasa menggunakan pelumas khusus pembersih karburator seperti Rexco 81 karena dapat mempermudah pekerjaannya. 

Kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body langsung luntur, tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaian.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: