jump to navigation

SIM Pintar Bisa Buat Belanja, Gimana Sih Ngurusnya ? 30 Agustus, 2019

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags: , ,
trackback

AF46D0A7-1665-4EB0-BBCC-1720E92D5E45

SIM baru yang bakal diterbitkan oleh Korps Lalu Lintas Republik Indonesia (Korlantas Polri) punya kelebihan dibanding model lama. Disebut dengan SIM pintar, SIM baru ini bisa digunakan untuk keperluan berbelanja dan lain-lain.

Ya, fungsinya mirip dengan uang elektronik. Dengan saldo maksimal hingga Rp. 2 juta, SIM ini bisa digunakan sebagai kartu multy pay. Selain belanja, juga pembayaran toko online, jalan tol hingga transportasi umum. Keren ya!

Belum diperoleh info, untuk kebutuhan perbankan di Smart SIM ini Polri akan bekerjasama dengan bank apa. Sementara peluncurannya sudah semakin dekat, yakni 22 September 2019.

Banyak yang bertanya bagaimana proses pembuatan SIM baru yang pintar banget ini ? Ternyata untuk memperolehnya saja dengan mengurus SIM model lama.

Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan, untuk proses atau mengurus SIM Pintar tidak ada perbedaan dengan mengurus SIM yang saat ini berlaku.

2AA4D197-8644-4548-9210-458A6310ECD2

“Tidak ada perbedaan, cara mengurusnya masih sama seperti membuat SIM pada umumnya. Yang berbeda itu cuma kegunaannya saja, Smart SIM nantinya bisa buat belanja, sedangkan SIM yang lama itukan tidak bisa, jadi proses pembuatannya sama saja,” kata Refdi.

Untuk syarat dokumen pembuatan SIM juga masih sama, namun pada uji teori ada sedikit peningkatan. Prosesurnya, pemohon membeli formulir kesehatan, tes kesehatan, mengambil formulir pembuatan SIM.

Selanjutnya pemohon SIM mengikuti ujian teori dan praktik di tempat yang sudah disediakan. Jika calom pembuat SIM baru lulus ujian teori dan praktik, maka SIM akan diberikan di hari itu juga. Nah, SIM pintar pun siap digunakan. Eit jangan lupa isi saldo jika untuk belanja !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: