jump to navigation

Karir Balap Afridza Munandar: Dari Keluarga Balap Hingga Tembus Jenjang Asia 5 November, 2019

Posted by proud2ride in Balap & Touring, Honda, Merk.
Tags: ,
trackback

3304D8EA-8A42-4B8A-8382-BDBCF85A5DF7

Prestasi besar telah ditorehkan pembalap Afridza Munandar, untuk daerahnya serta Indonesia. Namanya telah berkibar mulai dari tingkat Jawa Barat, nasional dan terakhir internasional. Sebuah perjalanan karir balap yang diisi dengan tempaan berlatih cukup panjang dan berjenjang.

Afridza pun harus menutup babak hidupnya di lintasan balap. Pemuda pemalu berusia 20 tahun ini meninggal saat terjun mewakili Indonesia di ajang balap Asia Talent Cup (ATC) 2019 seri Malaysia. Insiden senggolan di tikungan 10 lap pertama pada balapan pertama, sabtu (2/11) membuatnya terjatuh.

Benturan keras menyebabkan pendarahan di bagian kepalanya. Helikopter yang turun di lintasan Sepang melarikan Afridza ke rumah sakit di Kuala Lumpur, namun tak tertolong. Dia mengembuskan napas terakhir sesaat baru ditangani tim medis.

Dunia balap langung berduka. ATC yang dihelat bersamaan dengan ajang MotoGP Malaysia, menghentak seluruh insan balap yang tengah tumpah di Sepang. Belasungkawa dan ucapan pembalap senior mengalir untuknya. Termasuk dari sang juara dunia Moto2 2019 Alex Marquez, Juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez serta juara MotoGP seri Malaysia 2019, Maverick Vinales. Semua mendedikasikan gelarnya untuk Afridza.

CA096332-6ADB-4D39-AD3F-34A487539977

Afridza sendiri tengah meniti karir seperti para pembalap dunia ini. Setelah menjalani balapan ATC 2019, dia dikabarkan tengah dipromosikan ke ajang Moto3 Eropa. Di ATC 2019, prestasinya cukup moncer. Dia meraih dua kemenangan, dua tempat kedua dan dua finis ketiga dalam satu musim.

Hasil ini membuat peluangnya menjadi juara ATC 2019 terbuka. Nilainya bisa terdongkrak naik dari dua kali balapan di seri Sepang. Namun nasib berkata lain, tengah berjuang mengharumkan nama Indonesia, kecelakaan naas menimpanya.

Dari Keluarga Balap

Afridza Munanda lahir dari keluarga pembalap. Kakeknya Andi Suryana merupakan pembalap senior Tasikmalaya. Sang kakek pula yang memberinya hadiah sepeda motor balap mini usai disunat saat masih berusia 6 tahun.

Melakoni banyak hobi olahraga, Afridza akhirnya tertarik dengan dunia balap. Saat masih di kelas 1 SMP dia memutuskan terjun ke dunia balap profesional. Sejak itu, Afridza terlihat sering berada di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya. Talentanya diasah di bawah bimbingan Bayu Aditya yang masih kerabatnya.

Namanya mulai dikenal di Jawa Barat sejak bergabung dengan tim balap Kuya Nyuruntul dari Bandung. Dari sini sejumlah prestasi disabetnya seperti Juara Umum MP 5 dan MP 6 Kejurda Jabar. Karirnya berlanjut bersama Sandi Agung Racing Tim Bandung, hingga Astra Honda Racing Tim (ART) di Yogyakarta. Dalam kurun waktu ini, Afridza sempat meraih medali perak dalam PON Jabar 2016.

CCBBC5A4-22B6-448A-BBC3-9EBA1B5442B3

Dari ajang nasional, Astra Honda Racing Team (AHRT) memilihnya untuk mengikuti seleksi membalap di ATC 2018 dan tembus sebagai salah satu pembalap internasional di ajang binaan Dorna, penyelenggara MotoGP. Tahun ini menjadi kesertaanya yang kedua di ATC.

Untuk menjadi wakil Indonesia ke ATC tak mudah. Afridza bersaing dengan 120 pembalap terbaik lainnya. “Lima pembalap dipilih dengan seleksi yang diikuti 120 pembalap di Sepang dan Bali,” ujar Irwan Munandar, ayah Afridza dikutip dari PR.

Gajah mati meninggalkan gading, pembalap mati meninggalkan prestasi. Nama Afridza akan selalu dikenang sebagai pembalap dengan gigih menempa diri dan meniti karir sejak muda. Perjalanannya akan menginspirasi pembalap muda lainnya. Selamat jalan rider !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: