jump to navigation

Bea Balik Nama Kendaraan Naik, Sekarang Saatnya Beli Mobil & Motor 13 November, 2019

Posted by proud2ride in General.
Tags:
trackback

05102EEF-C728-4200-BD38-51106FCFE284

Pemprov DKI Jakarta akhinya menaikkan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebesar 2,5 persen. Sebelumnya besaran pajak ini adalah 10 persen. Otomatis kini biaya BBN-KB di DKI menjadi 12,5 persen

Pemrov DKI melakukab langkah ini sebagai salah satu alternatif Ibukota dalam mengurangi kemacetan dan meningkatkan pendapatan daerah. Dengan adanya biaya yang lumayan tingga untuk pajak, diharapkan pembeli kendaraan bisa mengerem niatnya.

Biaya BBN-KB terbaru ini telah tertuang di dalam Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Perda kenaikan BBN ini ditetapkan 7 November 2019, ditanda tangani Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yayan Yuhanah. Mulai berlaku setelah 30 hari terhitung dari tanggal di undangkan pada 11 November 2019, artinya di 11 Desember 2019 harga kendaraan bakal lebih mahal. 

Kebijakan kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor terutama Bea Balik Nama (BBN) di wilayah DKI Jakarta memang terbilang lebih lambat dari daerah lain. Sejumlah daerah telah melakukannya jauh sebelumnya.

Harga Kendaraan Naik

Kenaikan BBN-KB disikapi negatif oleh pelaku industri otomotif. Pasalnya, kenaikan pajak ini otomatis akan membuat harga kendaraan ikut naik. Padahal mereka tengah menggejot pemasaran dalam kondisi ekonomi yang belum membaik.

“Kenaikan pajak ini mempengaruhi minat para konsumen untuk membeli mobil baru. Harga pasti akan menyesuaikan dengan hal tersebut,” ujar Anton Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM).

Berdasar dari pengalaman kenaikan bea serupa daerah lain seperti Jawa Barat, Anton sudah mendapat angka perkiraan mengenai penurunan penjualan. “Dibandingkan periode serupa pada tahun sebelumnya, setelah ada penerapan kenaikan BBN di daerah tersebut ada penurunan sebesar 2 hingga 3 persen,” katanya.

Sementara itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai produsen Mitsubishi mengaku tengah siap-siap menaikan harga semua model yang dijualnya saat ini. Termasuk mobil-mobil laris andalannya seperti Xpander, Pajero Sport, Triton, dll. termasuk Xpander Cross yang jadi produk terbarunya.

Tanggal 11 Desember sebagai masa berlakunya kenaikan pajak kendaraan bermotor di DKI, masih sebulan kurang lagi. Nah, jika Anda berniat membeli mobil atau motor, sekaranglah saatnya, sebelum harga naik !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: