jump to navigation

Bikers ! Ini Dia Bahaya Microsleep Saat Berkendara 17 November, 2019

Posted by proud2ride in Balap & Touring, Event, Merk, Suzuki.
Tags:
trackback

27434A8C-F3CF-40C8-9EA3-1AE73A0ACA5F

Suzuki Satria F150 Club (SSFC) Korwil Cileungsi menggelar kopi darat yang dikemas dengan diskusi soal microsleep dan bahayanya. Acara berlangsung di Waroeng Hezy, Ciganjur, Depok pada Sabtu (16/11).

Ratusan biker dari sejumlah club dan komuniras menghadiri acara berbagi ilmu safety riding ini. Tema ini diangkat karena bikers atau pemotor sangat erat kaitannya dengan lelah yang bisa menyebabkan microsleep.

Panitia menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang ini. Antara lain dr. Gia Pratama selaku praktisi Kesehatan dan Yogie Baskoro sebagai praktisi keselamatan berkendara.

Bro Ilham Farizqi, Ketua Korwil SSFC Cileungsi menyatakan, kopi darat ini digelar terkait kesertaan SSFC Cileungsi dalam kegiatan tahunan Safety Campign Award 2019.

“Bikers sangat rentan sekali dengan Microsleep pada aktifitas mereka seperti touring ataupun juga aktifitas riding sehari-hari. Dengan adanya kegiatan ini kami dapat bersilaturahmi sekaligus bersama-sama belajar akan pentingnya menjaga keselamatan berkendara,” ujar Bro Ilham.

Microsleep saat berkendara sudah seringkali terjadi dan sudah banyak memakan korban jiwa. Microsleep saat berkendara biasanya dimulai ketika kesadaran pengendara mulai menghilang, namun orang yang mengalaminya merasa masih sadar dan sanggup berkendara, dan ketika tersadar, ternyata kendaraannya ‘sudah siap’ untuk mengalami kecelakaan.

C8DCDDE2-CFAF-4267-854E-0FFAE73F785C

Microsleep biasanya disebabkan oleh kelelahan fisik dan mental yang amat sangat, kurang tidur, depresi, stress, atau hipersomnia. Microsleep bisa datang kapan saja, oleh karena itu para pengendara harus tetap waspada agar tidak mengalami keadaan ini.

UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam pasal 106, mengatur “Pengemudi wajib berkendara dengan wajar dan penuh konsentrasi”.

Penjelasan penuh konsentrasi, adalah orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon, menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau minum-minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.

Puluhan biker yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias menyimak paparan dari para narasumber. Pada sesi tanya-jawab dimanfaatkan oleh para bikers untuk menggali lebih dalam lagi Microsleep dan bahayanya saat berkendara.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: