jump to navigation

Bikers Hati-Hati Masuk Jalur Sepeda di DKI ! Melanggar Denda Rp.500.000 20 November, 2019

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags: ,
trackback

727DB0D9-9D7E-45CC-8DB5-0C3E7B146175

Satu lagi Peraturan Gubernur terkait lalu lintas segera diluncurkan, yakni larangan bagi motor dan mobil masuk jalur sepeda. Jika melakukan pelanggaran ini, siap-siap kena tilang dengan denda Rp.500.000.

Denda yang lumayan besar. So, jangan khilaf menyerobot jatah sepeda tersebut dengan berbagai macam alasan.

Sejauh ini, Pemda DKI tengah gencar menyiapkan jalur sepeda di sejumlah ruas jalan di Ibukota tahun ini. Totalnya sepanjang 63 Km. Jalur khusus ini sudah dipasang berbagai bentuk tanda jalur sepeda dengan marka jalan maupun pembatas.

Tujuannya, agar makin banyak warga yang bersepeda ke kantor demi mengurangi polusi udara. Dengan adanya jalur ini juga menjaga keamanan pengendaranya.

“Pergub ini sudah ditandatangani Gubernur Anies Baswedan, kemudian diundangkan dulu. Baru ada penegakan hukum,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Selasa (19/11).

5649A436-7277-45F9-A670-B7DE2A3CED52

Disebutkan, sosialisasi untuk peraturan ini sudah dianggap cukup saat ada uji coba jalur sepeda pada 20 Oktober sampai 19 November 2019. Bagi pelanggarnya jelas Kadishub, diancam dengan Pasal 284 UU nomor 22 tahun 2009, berupa pidana kurung maksimal dua bulan atau denda paling besar Rp 500.000.

Jangan pula menggunakan jalur sepeda untuk parkir kendaraan. Karena petugas Dinas Perhubungan akan menderek kendaraan tersebut dan pemilik kendaraan pun akan dikenai denda.

Selain diderek, kendaraan juga diancam membayar retribusi sesuai dengan Perda DKI. Untuk sepeda motor per-hari Rp 250 ribu, berlaku akumulatif kemudian roda empat per-hari Rp 500 ribu berlaku akumulatif. Nah, jangan asal nyelonong aja kawan !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: