jump to navigation

Bikers ! 1 Januari 2020 Harga Rokok resmi Naik 31 Desember, 2019

Posted by proud2ride in General.
Tags: ,
trackback
Harga rokok naik

Picsartediting.

Bikers, sepeda motor dan rokok adalah hal yang sulit dipisahkan. Bermotor kerap dijadikan sebagai asupan oksigen segar setelah banyak merokok. Ya, bikers memang identik dengan rokok, selain juga kopi. Namun sayang, tahun 2020, harga rokok dikabarkan positif naik.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan sudah menyatakan untuk memutuskan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar Rp 23% dan harga jual eceran (HJE) sebesar 35%.

Sialnya, keputusan ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020. Artinya, tinggal 1 hari lagi. Tanggal 31 Januari ini menjadi kesempatan terakhir bagi perokok untuk memborong rokok sebanyak-banyaknya, sebelum naik pada tahun baru besok.

“InshaaAllah jadi naik,” ujar Kepala Sub Direktorat Publikasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Deni Surjantoro seperti dikutip dari detik.com. “Keputusan tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2020,” lanjutnya.

Keputusan kenaikan cukai rokok dan HJE pun sudah dibahas dan disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi kepada Presiden Joko Widodo tanggal 13 September 2019 di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Kita semua akhirnya memutuskan untuk kenaikan cukai rokok ditetapkan sebesar 23% dan kenaikan harga jual eceran sebesar 35%,” kata Menkeu saat itu. Kenaikan tarif cukai rokok dan HJE pun tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152 Tahun 2019 tentang tarif cukai hasil tembakau.

Nah, begini mekanisme kenaikannya. Kenaikan tarif cukai rokok terbesar terjadi pada jenis rokok Sigaret Putih Mesin (SPM) yaitu sebesar 29,96%. Untuk cukai rokok jenis Sigaret Kretek Tangan Filter (SKTF) naik sebesar 25,42%, Sigaret Kretek Mesin (SKM) 23,49%, dan Sigaret Kretek Tangan (SKT) 12,84%.

Rokok memang bukan segalanya. Karena itu, menyikapi kenaikan itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi rokok. Bahkan, jika perlu, berhenti sama sekali untuk merokok. Dampaknya tentu luar biasa untuk kesehatan dan juga kelola keuangan.

Nah, tinggal pilih yang mana, beli rokok mahal, mengutangi rokok atau malah berhenti merokok. Asal jangan mengurangi rokok teman ya, hehehe…

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: