jump to navigation

Harga BBM Gak Turun, Warga Akan Gugat Pemerintah 24 Mei, 2020

Posted by proud2ride in General.
Tags:
trackback

A86D23D5-5920-4533-80AE-0D9BA511DAD6

Nilai tukar rupiah terus menurun, namun pemerintah tak kunjung menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Karena itu, masyarakat bakal melakukan gugatan ke pemerintah.

Menurut UU, harga BBM merujuk pada indikator pembentukan berupa harga minyak mentah dan kurs rupiah. Saat ini kedua indikator itu nilainya menurun dalam beberapa bulan terakhir.

harga BBM bisa turun karena indikator harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Oils Price/ICP) dan nilai tukar rupiah yang turun juga.

Pengamat energi Marwan Batubara tengah menyiapkan kajian untuk menggugat pemerintahan Presiden Joko Widodo karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tak kunjung turun.

“Kami sedang menyiapkan gugatan itu, kami berhak menggugat untuk ganti rugi akibat kebijakan saat ini. Rencananya gugatan ke Pengadilan Negeri atau Mahkamah Agung,” ujarnya dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (22/5).

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) ini mengatakan, masyarakat sebagai pihak yang dirugikan pun berhak turut serta dalam rencana gugatan ini.

Dalam perkiraanya, kerugian masyarakat akibat harga BBM yang tak kunjung turun mencapai Rp13,75 triliun. Kerugian itu dihitung sejak harga minyak mentah dunia mengalami penurunan turun.

Kata Marwan, sudah dua bulan hal ini tidak dilakukan, dari April sampai Mei ini? Pertamina bilang karena belum ada izin dari pemerintah.

Marwan menduga penurunan harga BBM tidak kunjung dilakukan karena PT Pertamina (Persero) masih memiliki beban keuangan akibat penugasan yang selama ini diberikan pemerintah. Penugasan itu mulai dari penyaluran BBM subsidi hingga kebjakan BBM satu harga di seluruh Indonesia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: