jump to navigation

4 Hal Sepele Kebiasaan Bikers yang Merugikan Motor 20 Juni, 2020

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags:
trackback

F5C26FC0-E001-4836-A834-0175E9064A0A

Ada beberapa kebiasaan pemotor atau bikers yang ternyata bisa merugikan untuk kendaraan kesayangannya. Salah satu contohnya, memilih menggunakan sparepart palsu atau biasa disebut KW sekian. Alasannya karena lebih murah.

Wahana Honda menyatakan, kebiasaan ini jangan diteruskan, karena bisa membuat motor tidak berada dalam kondisi prima dan malah bisa berakibat fatal ke depannya. Apa saja hal sepele yang harsu dihindari itu? Ini dia 4 kebiasaan tersebut.

01. Menunda isi angin
Motor bisa jadi kurang stabil saat melaju kencang dan ban terasa aneh. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya tekanan angin di ban. Meski motor masih bisa digunakan karena bannya memang tidak bocor, tetapi jika terus dipakai, ban dalam motor akan mudah terkoyak dan velg-nya jadi rawan bengkok.

02. Memakai bensin oplosan
Bensin eceran kebanyakan bukan bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain. Niatnya ingin hemat, tapi motor malah bisa jadi rusak. Jika terus memakai bensin semacam tersebut, menurut Wahana, bagian mesin motor akan mudah rusak dan mengalami korosi. Jadi, sangat disarankan untuk membeli bensin di SPBU saja agar motor lebih awet.

03. Mencuci motor di bawah terik matahari
Jika motoris mencuci motor di bawah terik matahari dengan tujuan agar motor jadi lebih cepar kering, sebaiknya jangan dilanjutkan. Rupanya, hal tersebut bisa membuat warna body menjadi belang, terlebih lagi jika sabun yang digunakan bukan sabun/sampo khusus motor.

04. Memakai sparepart palsu
Walau harganya jauh lebih terjangkau dan penjual pun mengklaim bahwa kualitasnya tidak berbeda jauh dengan yang asli, tanpa disadari, motor jadi lebih mudah rusak dan akhirnya malah akan menguras kantong lebih dalam untuk reparasi. Jadi NaikMotor menyarankan untuk tetap menggunakan sparepart orisinal saja, ya! Walau harganya lebih mahal, tapi demi kebaikan motor kesayangan dan kantong anda juga. Hehehe…

Hayo ngaku, kawan-kawan pernah melakukannya ya! Kalau pernah, yuk hindari hal-hal di atas agar motor bisa tetap prima kondisinya dan bisa berumur lebih panjang.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: