jump to navigation

Agar Berboncengan Motor Aman, Begini Tips-nya 27 Juli, 2020

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags:
trackback

Boncengan

Sepeda motor didesain dengan penumpang dua orang, yakni pengendara dan pemboncengnya. Berboncengan dengan sepeda motor, ada caranya. Banyak masyarakat tak paham bagaimana tips safety riding saat berboncengan.

Tips ini dapat mencegah Anda dari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kelebihan muatan atau beban ketika berkendara. Namun, boncengan saat dianjurkan jika hanya sampai 3 orang dengan catatan 1 di antaranya adalah anak kecil karena tidak menghalangi gerak dan kenyamanan si pengemudi.

Dalam berboncengan, perhatikan tips-nya:

1. Cek Kelengkapan Motor

Tips safety riding saat boncengan yang pertama adalah memeriksa kondisi motor Anda. Karena ketika boncengan maka beban yang dibawa oleh motor lebih berat dari biasanya. Oleh karena itu, kondisi ban, rem, persneling, oli dan lainnya harus diperhatikan dengan seksama. Karena jika terjadi kecelakaan maka yang cedera tidak hanya Anda tapi juga orang yang dibonceng. Tentunya Anda tidak mau ada orang lain yang celaka ketika berkendara bersama diri Anda.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara Dengan Baik

Tips safety riding saat boncengan yang kedua adalah memakai perlengkapan berkendara yang baik. Contoh perlengkapan tersebut adalah helm berstandar nasional, mengenakan sepatu, memakai jaket dan masker. Perlengkapan ini harus selalu dikenakan karena dapat melindungi diri dari angin, debu dan panas matahari.

3. Sesuaikan Dengan Kapasitas Motor Anda

Tips safety riding yang terakhir adalah menyesuaikan tumpangan dengan kapasitas motor yang ada. Anda perlu tahu jenis motor yang digunakan apakah matic, bebek atau sport. Selain itu perhatikan juga luas jok motor tersebut. Setelah mengetahui hal ini Anda dapat memperkirakan berapa banyak orang yang dapat dibonceng.

Umumnya setiap motor dapat menampung penumpang dengan catatan salah satunya adalah anak kecil. Namun, pastikan juga kapasitas motor dengan postur dan bobot badan. Jangan sampai motor atau ban kendaraan Anda rusak karena kelebihan beban penumpang.

Perhatikan safety riding ini agar Anda selamat dari kecelakaan. Cara ini juga dapat menjaga kondisi motor untuk selalu prima karena terbebas dari kelebihan muatan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: