jump to navigation

Kapan Waktunya Ganti Kanvas Rem? Ini Cara Mengetahuinya 19 September, 2020

Posted by proud2ride in Accessories.
Tags: , ,
trackback

Rem pada sepeda motor menjadi salah satu komponen vital. Rem bermasalah, alamat akan celaka dalam bermotor. Dan jangan lupa untuk sering-sering dicek guna memastikan kondisinya. Jika kondisi rem motor bermasalah, segera diperbaiki demi kenyamanan dan keselamatan di perjalanan.

Bikers juga harus tahu bagaimana kondisi rem dan tahu pula kapan kampas rem harus diganti. Berikut ini adalah beberapa tanda untuk saatnya mengganti kampas rem motor.

Beberapa indikator bisa dijadikan acuan para pemilik motor guna mengetahui atau mengecek sudah aus atau belum kampas rem motornya.

Sangat mudah, kamu perhatikan dengan teliti pada bagian piringan rem motor tersebut. Jika posisi kampas rem yang menjepit piringan ini masih lebar, maka tandanya kampas rem masih bagus kondisinya.

Sebaliknya, jika posisi Kampas rem sudah menghimpit piringan, maka itu tandanya kondisi Kampas rem sudah aus dan sudah waktunya diganti.

Memantau kondisi ini juga bisa melalui suara. Jika pada saat dilakukan pengereman dan menimbulkan suara yang cukup mengganggu, maka ini bisa jadi pertanda kampas rem sudah aus dan waktunya ganti.

Timbulnya suara ini dihasilkan dari cakram yang beradu dengan kampas yang tinggal menyisakan pelatnya. Gesekan antar pelat ini bisa menghasilkan suara yang cukup mengganggu dan tidak nyaman untuk didengarkan.

Jelas sangat beresiko jika anda tetap memaksakan berkendara dengan kondisi kampas rem aus untuk berkendara, karena nantinya hal ini bisa membuat pelat kampas rem itu pecah dan membahayakan kamu dan orang lain. Nah, siap-siap melakukan pengecekan ya!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: