jump to navigation

Menggoyang Motor Saat Isi Bensin, Apakah Ada Manfaatnya? 4 Oktober, 2020

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags:
trackback

Ada beberapa kejadian unik saat pemotor mengisi bensin di SPBU. Salah satunya adalah dengan menggoyang-goyangkan motornya, ketika bensin mulai menuju full.

Sebetulnya cara ini bermanfaat nggak sih? Dulu sempat viral, seorang sopir menggoyang-goyang mobilnya sepanjang pengisian bahan bakar di SPBU.

Namun, cara orang ini dikritisi banyak pihak sebagai peekrjaan sia-sia. Kala itu, Iwan Abdurahman dari Technical Service Division PT. Toyota-Astra Motor menerangkan, mobil digoyang saat isi bensin awalnya karena menginginkan agar udara yang terjebak di tangki keluar.

Setelah keluar, diharapkan tangki terisi bensin dengan maksimal. Namun, itu sangat tergantung dari konstruksi tangki mobil tersebut.

Menurutnya, untuk mobil-mobil produksi saat ini, desain tangkinya sudah bagus sehingga meminimalkan udara terjebak. Karena itu, dia menilai tidak perlu menggoyang mobil saat isi bensin.

Hal yang sama juga berlaku untuk tanki sepeda motor. Ada yang menduga, terdapat sekat-sekat dalam tangki hingga perlu digoyang-goyang agar bensin cepat masuk.

Menurut Iwan, bensin sama dengan air yang akan menemukan jalannya sendiri karena benda cair, sehingga tak perlu digoyang untuk memenuhi ruangan tanki. Jadi, teori yang menganggap motor perlu digoyang saat isi bensin adalah salah.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: