jump to navigation

Bikers! Waspadai Musim Pancaroba yang Sedang Terjadi Saat Ini 6 Januari, 2021

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

Akhir tahun serta awal tahun sering dimanfaatkan bikers untuk touring. Nah, di saat inilah bikers perlu waspada, Karen saatnya musim pancaroba atau perubahan musim dari musim hujan ke kemarau.

Musim pancaroba selalu punya tantangan tersendiri bagi bikers. Misalnya dengan tiupan angin yang kencang saat berada di wilayah terbuka. Jelas ini akan membahayakan, jika seorang bikers tidak sigap akan hal tersebut.

Bikers disarankan untuk lebih berhati-hati dan memprediksi kondisi jalan di depan, termasuk mempertimbangkan faktor sekitarnya seperti kondisi lalu lintas, jalanan, tiupan angin hingga kondisi fisik sang pengendara itu sendiri.

Lantaran jika ini diabaikan, jangan sampai malah jadi masalah tersendiri saat berkendara.
 
“Berkendara itu bukan sekadar berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Berkendara itu pekerjaan utama dan harus mempersiapkan segala sesuatunya,” jelas Pendiri dan Instruktur Senior di Jakarta Defensive Driving Course (JDDC), Jusri Pulubuhu sebagaimana dikutip dari Pojoknews.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ia menerangkan, ada hal yang tidak boleh dianggap enteng untuk melihat semua kondisi yang ada, termasuk juga kondisi cuaca. Angin kencang, hujan, panas terik dan juga kondisi macet.
 
Kata pakar safety riding tersebut bahwa angin kencang adalah masalah bawaan yang harus diwaspadai. Bukan masalah yang kita buat-buat seperti sengaja meninggikan kecepatan atau ngobrol dengan pemotor lain di tengah jalan.

“Kalau masalahnya angin kencang, tidak ada cara lain kecuali Anda harus selalu berhati-hati. Usahakan kecepatan berkendara berada di level sewajarnya. Karena tiupan angin untuk motor yang fairing dan windshield-nya besar, itu akan sangat terasa,” terang Jusri.
 
Pria ramah itu juga menjelaskan bahwa memberikan ruang gerak untuk angin melalui bodi motor itu adalah hal penting. Karena semakin kencang kecepatan motor, maka ruang gerak angin bakal lebih sempit.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: