jump to navigation

Soal Urusan SIM di Masa Depan, Komjen Listyo Sigit Prabowo Akan Buat Lebih Mudah 23 Januari, 2021

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags: ,
trackback

Sejumlah pembaruan Polri dipaparkan oleh Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam fit and proper test di DPR. Antara lain, sejumlah kemudahan dalam urusan SIM di masa depan.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini antara lain memaparkan informasi yang cukup mengejutkan soal Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Litsyo menyampaikan, bahwa data Korps Lalu Lintas Polri menunjukkan bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap pengajuan penggantian kartu SIM yang rusak.

Pada 2019, ada 30.365 kartu yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri untuk mengganti SIM pemohon yang rusak. Jumlah di tahun berikutnya naik 398 persen, menjadi 151.417 kartu.

Sementara itu, jumlah kartu SIM yang diproduksi pada 2019 yakni sebanyak 14.02 juta. Sedangkan di 2020, angkanya turun 29,27 persen menjadi hanya 9,92 juta kartu SIM.

Penurunan juga terjadi pada jumlah kartu yang diterbitkan untuk pemohon baru atau yang masa berlaku kartu lamanya sudah habis. Sepanjang 2019 angkanya tercatat 13,99 juta kartu, kemudian turun menjadi 9,76 juta kartu di 2020.

Bicara soal SIM, Listyo menjelaskan bahwa pelayanan pengurusan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna kendaraan bermotor itu ke depannya akan semakin canggih.

“Cukup ke aplikasi tertentu yang nanti disiapkan. Intinya, membuat pelayanan ini lebih baik, lebih mudah, sehingga masyarakat tidak perlu repot ke kantor polisi,” tuturnya. Wah, ini baru mudah.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: