jump to navigation

MotoGP Mandalika Bisa Jadi Momen Perpisahan Valentino Rossi dengan Penggemarnya di Indonesia 29 Januari, 2021

Posted by proud2ride in Balap & Touring.
Tags: ,
trackback

Valentino Rossi punya jutaan penggemar di Indonesia. Karir The Doctor diperkirakan tak lebih dari dua tahun lagi. Karena itu, jika MotoGP Mandalika di NTB bisa digunakan segera, bisa jadi disinilah momen terindah Rossi berpamitan dengan para penggemarnya.

Apalagi Sirkuit Mandalika dibuat dengan istimewa dan berada di kawasan wisata Lombok di sisi pantai yang Indah.

Valentino Rossi sudah mengetahui rencana pembangunan Sirkuit Mandalika. “Saya sangat senang untuk bisa berada di sana. Sirkuit ini sangat menarik dan dibuat baru dari nol. Saya sudah lihat denahnya, dekat dengan laut dan kami pasti bisa sangat kencang di sana. Saya berharap bisa berlomba di sana,” kata Rossi saat menggelar jumpa pers usai lomba MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, 27 September 2020, seperti dilansir kanal televisi MotoGP.

Indonesia bukan nama asing bagi The Doctor, demikian pemilik tujuh gelar juara dunia MotoGP itu dijuluki. Pembalap murah senyum ini pernah menjadi juara ketika MotoGP diadakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 1997.

Pembalap asal Italia itu turun di kelas 125 cc dan Sirkuit Sentul kala itu menjadi saksi bagaimana Rossi mengamankan gelar juara dunia untuk pertama kalinya.

Hampir tiap tahun pembalap Yamaha selalu diundang untuk datang ke Indonesia sekaligus berjumpa dengan ratusan ribu penggemarnya. 

Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer tersebut menjadi bagian dari kawasan wisata superprioritas Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kawasan ini dikelola oleh BUMN Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).  

Tidak seperti sirkuit pada umumnya yang dibuat di sebuah lokasi khusus, Sirkuit di Mandalika justru berkonsep lintasan jalan raya dan kemudian disulap sebagai arena balap motor. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, sebuah lintasan jalan raya dijadikan arena balap motor dunia.

Keunikan lain dari sirkuit dengan 17 tikungan yang dibangun senilai Rp14 triliun ini adalah lokasinya yang berada di tepi pantai dengan pemandangan alam mempesona.

Untuk musim balap 2021, Dorna masih dimasukkan Sirkuit Mandalika dalam status cadangan. Namun jika sudah mendapat lampu hijau sebagai lokasi balap, maka hal tersebut akan memberikan peluang besar bagi Indonesia.

Sebuah kesempatan bagus untuk mempromosikan potensi pariwisata kawasan Mandalika dan menjaring lebih banyak turis mancanegara. Pasalnya, setiap balapan akan ditayangkan langsung oleh Dorna ke seluruh dunia dan ditonton oleh lebih dari 700 juta pasang mata.

Tidak hanya 10 ribu orang, yang telah memesan tiket pada pembukaan penjualan awal di Februari 2020 saja yang penasaran dengan rupa Sirkuit Mandalika.

Agar Rossi dan 21 pembalap MotoGP lainnya bisa melajukan motor dengan kencang di lintasan Mandalika, pemerintah dan ITDC pun telah melakukan persiapan fisik.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: