jump to navigation

Polri dan IMI Bangun dan Operasionalkan Sirkuit Off-Road untuk Pelatihan Safety Riding 11 Maret, 2021

Posted by proud2ride in Event.
Tags: , , ,
trackback

Ada kabar bagus buat safety riding Indonesia. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pembangun Sirkuit Off-Road untuk pelatihan safety riding.

Pusat pelatihan safety riding ini dibangun di kawasan Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono. Pembangunan ini dimaksudkan untuk pelatihan safety driving dan safety riding bagi masyarakat.

“IMI akan menyediakan instruktur terlatih, yang berasal dari para pembalap profesional seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Sean Gelael hingga Akbar Rais,” ungkap Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021).

Kerjasama dalam urusan safety riding ini, kata Bamsot juga sejalan dengan kampanye keluarga besar IMI 2021-2024, yakni Indonesia Juara, Bebas Narkoba, Tertib Berlalu Lintas, Langit Biru, dan Jaga NKRI.

Bamsoet yang juga Ketua MPR RI ini menyinggung tentang tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Ia menyebut sekitar 61 persen kecelakaan dari faktor kemampuan dan karakter pengemudi.

“Tingginya angka kecelakaan lalu lintas dipicu berbagai sebab. Pertama, sekitar 61 persen, adalah faktor manusia, yaitu kemampuan dan karakter pengemudi kendaraan,” ujar penyuka riding dengan Moge ini.

Adapun faktor kedua, kata Bamsoet, faktor sarana dan prasarana jalan harus menjadi perhatian. Berikutnya yang menyebabkan kecelakaan disebabkan kendaraan yang tidak laik jalan.

“Kedua, sekitar 30 persen adalah faktor infrastruktur dan lingkungan, misalnya kerusakan jalan. Ketiga, sekitar 9 persen adalah faktor kendaraan yang tidak laik jalan, serta kurangnya kelengkapan teknis kendaraan sehingga tidak memberikan perlindungan,” ujar Bamsoet.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: