jump to navigation

Aki Motor Baru Cepat Soak, Waspada! Ini Penyebabnya 9 April, 2021

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags: ,
trackback

Motor baru kerap soak akinya. Bukan karena aki lho penyebabnya. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan aki cepat soak. Kebiasaan kurang baik dari pemilik motor menjadi pemicunya.

Dikutip dari Wahana Honda, aki motor baru bisa cepat soak akibat hal-hal berikut ini yang mungkin terdengar remeh di telinga Anda.

1. Motor jarang dipakai

Nah, kondisi ini sih, yang mesti benar-benar harus kamu antisipasi. Terlebih di masa pandemi saat ini. Jadi, aki motor baru itu bisa cepat soak kalau motor jarang dipakai. Soalnya kalau mesin tidak menyala, aki juga tidak mengalami pengisian.

Kalau sudah begini, sebagai solusi, kami sebaiknya mengganti aki motor atau melakukan recharge. Namun untuk pencegahan, panaskan motor setidaknya tiga hari sekali. Dengan begitu, aki bisa senantiasa terisi.

2. Salah pasang

Pemicu kedua aki motor baru cepat rusak adalah kesalahan pemasangan ketika kamu memutuskan untuk melakukan modifikasi kelistrikan. Salah pasang ini membuat daya aki cepat soak karena terkuras. Akhirnya lagi-lagi, kamu harus menggantinya dengan aki yang baru.

Tips Mencegah Aki Cepat Soak

Peribahasa, “Sedia Payung Sebelum Hujan” bisa berlaku untuk berbagai keadaan, termasuk perkara aki ini. Bia raki motor ga cepat rusak, ikuti tips berikut ini.

  • Cermati beban pemakaian listrik pada motor. Jangan melakukan modifikasi dengan lebay alias berlebihan. Selain itu, matikan lampu saat mesin akan dimatikan maupun dinyalakan.
  • Bersihkan aki dengan rutin. Kamu harus membersihkan terminal aki. Soalnya, terminal aki ini sering tertutup debu maupun kotoran lainnya. Jika kotor, proses distribusi aki ke komponen motor pun akhirnya jadi terhambat.
  • Catat tanggal penggantian aki. Waktu kamu mengganti aki lama dengan aki yang baru, jangan lupa untuk membuat catatan tanggal penggantian. Jadi sebelum aki soak, kamu sudah bisa menggantinya, dengan merujuk pada tanggal tersebut.

Boleh dicoba nih kawan-kawan!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: